Kamis, 03 Juli 2008

TUGAS KULIAH

BAB V
LEMBAGA DAN PUSAT – PUSAT PENDIDIKAN

LEMBAGA – LEMBAGA DAN PUSAT – PUSAT PENDIDIKAN

A. Informal (keluarga).

Lembaga pendidikan informal yaitu yang dilaksanakan di kelurga yang berperan aktif dalam pendidikan tersebut adalah orang tua. Apabila orang tua tersebut dapat mendidik anaknya untuk membentuk kepribadian yang berbudi pekerti luhur dan berakhlak baik, untuk mewujudkan anak yang dapat berguna pada masyarakat, bangsa dan Negara. Pendidikan keluarga tidak terikat oleh waktu ataupun silabus pembelajaran. Jadi pendidikan yang dapat dilaksnakan setiap waktu.
Orang Tua sebagai Lembaga Pendidikan karena orang tua merupakan lingkungan pendidikan yang pertama dan utama bagi anak, dan terutama yang wajib bertanggung jawab atas pendidikan anaknya

B. Non formal (masyarakat / kursus).

Pendidikan yang bersumber pada masyarakat seperti dalam kursus, TPQ, karang taruna, organisasi masyarakat lainnya..Lembaga pendidikan yang dilaksanakan di masyarakat tidak ditentukan oleh usia atau dibatasi dengan usia. Berbeda dengan lembaga pendidikan formal / lembaga pendidikan sekolah. Masyarakat sangat berperan aktif maslah pendidikan. Untuk pembentukan tingkah laku yang baik, apabila lingkungan masyarakat baik maka anak tersebut akan mengikuti hal-hal yang baik.




C. Formal (lembaga pendidikan sekolah/pemerintah dari {TK s/d PT}.

Yayasan sebagai lembaga pendidikan karena orang tua tidak bisa mendidik anak secara penuh, sehingga mereka menitipkan anaknya ke lembaga sekolah
Lembaga keagamaan sebagai lembaga pendidikan karena lembaga ini mempunyai bidang pendidikan yang mana orang tua kurang mampu untuk melaksanakannya.
Negara sebagai lembaga pendidikan merupakan suatau lembaga persekutuan hidup yang tinggi.

A. Orang Tua Sebagai Lembaga Pendidikan
Orang tua merupakan orang yang pertama dan terutama yang wajib bertanggung jawab atas pendidikan anak. Hal ini dikarenakan orang tua adalah orang yang menjadikan sebab seorang anak itu ada di dunia ini. Dan hal itu dikarenakan juga anak dilahirkan didunia ini tanpa mempunyai daya sama sekali oleh karena itu kepada siapa lagi anak bergantung diri kalau tidak pada orang tua.

B. Yayasan – Yayasan Sebagai Lembaga Pendidikan
Orang tua sebagi tempat menggantungkan bagi anak itu adalah tempat bergantung diri yang wajar. Tapi pada kenyataannya tidak semua anak memperoleh tempat menggantungkan diri yang wajar ini. Denagn demikian mereka terpaksa memperoleh tempat penggantungan diri pada orang lain. Kebanyakan dari mereka ditampung di yayasan – yayasan yang mana disana mereka mendapatkan pendidikan.

C. Lembaga Keagamaan Sebagai Lembaga Pendidikan
Kiranya tidak dapat disangsikan lagi, bahwa lembaga keagamaan mempunyai tugas dalam penyelenggaraan pendidikan agama bagi umatnya.lembaga keagamaan mempunyai tanggung jawab atas pendidikan agama bagi anak – anak termasuk juga orang dewasa.



D. Negara sebagai lembaga pendidikan.

Guna mendapat warga negara - warga negara yang memiliki pengetahuan dan keterampilan, warga negara - warga negara yang memiliki kesadaranakan tugas dan kewajiban, warga negara - warga negara yang memiliki kepandaian dan kecakapan, serta berjiwa pengabdian , mutlak perlu adanya pendidikan bagi calon – calon warga negara.pendidikan yang mempersiapkan anak agar dapat menjadi warga negara seperti yang dicita – citakan oleh negara. Disini negara berperan dalam penentuan kebijakan – kebijakan masalah – masalah pendidikan.

E. Tri Pusat Pendidikan
Tripusat pendidikan adalah pendidikan yang berlangsung pada tiga lingkungan.yaitu: lingkungan keluarga , lingkungan sekolah, dan lingkungan masyuarakat. Perpaduan antar ketiganya menentukan keberhasilan dalam suatu pendidikan.

F. Perkumpulan Pemuda
Perkumpulan pemuda juga termasuk lembaga pendidikan karena dalam perkumpulan ini pihak yang ikut didalamnya akan mendapatkan segudang pengalaman yang itu semua sangat berguna bagi pengetahuan – pengtahuan masing – masing individu.